Penerbit Indie Terbaik: Penerbit Terpercaya Yang Aman

Wednesday, 14 September 2016

Penerbit Terpercaya Yang Aman

Halo Sahabat Uwais, kali ini Penerbit Uwais ingin membagikan info tentang ciri – ciri Penerbit yang terpercaya.Terutama penerbit indie yang berbasis online.Kami menulis postingan ini dikarenakan ada begitu banyak yang curhat kepada kami bahwa mereka ditipu oleh orang – orang yang mengatasnamakan penerbit.Kami yang bergerak di bidang penerbitan buku, tentu saja merasa sangat marah terhadap orang – orang seperti mereka. Bagaimana tidak, apa yang mereka lakukan bisa saja membuat kepercayaan terhadap penerbit lain yang benar – benar melayani dengan jujur menjadi berkurang. Oke, langsung saja akan kami jelaskan ciri – ciri penerbit terpercaya :

1. Sudah Lama Beroperasi

Ini bukan patokan sebenarnya.Tetapi untuk lebih amannya, tentu saja kita harus mencari penerbit yang sudah lama beroperasi dan memiliki track record yang baik.Bukan penerbit yang baru bikin akun kemarin sore, eh kita langsung asal transfer saja. Ya, walaupun tidak semua penerbit baru penipu, tapi sekali lagi waspada itu perlu.Daripada nangis bombay gara - gara uang sudah kita transfer tapi malah buku kita tidak kunjung datang.

2. Memiliki Alamat Kantor yang Jelas

Setiap penerbit harus memiliki alamat kantor yang jelas. Masa mau bekerja di tengah jalan atau tengah hutan..hehehehe.. gak kan ? Walaupun kerja di rumah, setiap penerbit harus memiliki alamat kantor yang jelas. Jadi pastikan penerbit yang kalian percaya memiliki alamat yang jelas. Jangan asal transfer aja. Contohnya Penerbit Uwais, kami memiliki alamat kantor yang jelas. Alamat kami di Ds. Sidoharjo, Kec. pulung, Kab. Ponorogo, Jawa timur. ketika teman - teman mengetik " penerbit uwais " di google, maka akan ditampilkan map kantor kami seperti di bawah ini.


Kami pun menampilkan foto kantor kami.

Foto kantor penerbit uwais

Kantor penerbit uwais
Owner penerbit uwais di ruangannya

3. Memiliki ijin dan terdaftar di PERPUSNAS RI

Semua perusahaan yang resmi harus memiliki ijin resmi untuk beroperasi.Dan setiap penerbit yang resmi juga harus mendaftarkan diri mereka ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Dan untuk mendaftar ke Perpustakaan Nasional, Harus disertai dengan badan hukum perusahaan.Tapi, kalau penerbit itu tidak terdaftar di PERPUSNAS, belum tentu mereka penipu lho.. Bisa saja mereka adalah lini dari penerbit lain.Dan hal ini harus dikonfirmasi ke penerbit induknya. Contohnya Novelet Publisher yang merupakan lini dari Penerbit Uwais. Untuk mengecek apakah penerbit terdaftar di perpusnas, silakan klik link http://isbn.perpusnas.go.id/  lalu pilih penerbit, dan ketikkan nama penerbit yang ingin di cek.

Tampilan website isbn perpusnas. Contohnya, kita ketik " Uwais inspirasi Indonesia "
Maka akan muncul buku - buku terbitan penerbit uwais.

Bila tidak muncul, maka bisa dipastikan penerbit tersebut tidak terdaftar di perpusnas atau dia belum menerbitkan buku, atau dia merupakan lini dari penerbit lain. Jadi selalu cek dan ricek ya sebelum memutuskan untuk memilih penerbit indie.


4. Memiliki Nomer Telpon Kantor

Hal ini juga tidak mutlak sebenarnya. Tapi, dengan penerbit memiliki telepon kantor, apabila terjadi penipuan yang besar, telepon itu bisa dilacak di Telkom, dan akan ketahuan siapa yang menipu tersebut. Untuk Penerbit Uwais, kalian bisa menghubungi kami di 0352 - 571 892 , kami akan dengan senang hati menerima telepon kalian.

5. Memiliki Testimoni dan Reputasi yang Baik

Sebuah penerbit yang terpercaya, tentu saja akan mendapatkan testimoni dari costumernya. Dan apabila reputasinya baik, tentu bisa dilacak di akun media sosialnya. Penerbit Uwais tentu saja memiliki keduanya. Untuk testimoni, bisa diklik disini , dan kalau kalian ingin kepoin website kita di www.penerbituwais.com dan FB kami di Uwais Indie atau di fanpage kami di Penerbit uwais dan jangan lupa juga ya untuk kepoin album foto kita disini biar kita bisa saling mengenal dan bisa menjalin hubungan yang baik . (Aduh.. Admin ngomong apaan ya..Hehehehe)

6. Responshif dan Selalu Aktif Media Sosialnya

Penerbit Profesional akan memiliki jam kerja setiap harinya. Dan tentu saja akan ada admin yang bekerja untuk melayani kalian. Jadi kalau bukan hari libur, dan pertanyaan kalian tidak dijawab dalam 4 hari, sudah perlu waspada tu. Jangan lupa juga untuk mengecek wall FB penerbit tersebut apakah sering update status atau tidak, dan jangan lupa kepoin FB nya apa testimoni costumer mereka tentang penerbit tersebut. Nah, kalau kalian mau mengubungi Penerbit Uwais, pastikan menghubungi di jam kerja kami ya untuk dapat fast respon .

Senin - Jum'at  : 08.00 - 16.00 WIB
Sabtu                : 09.00 - 12.00 WIB
Minggu dan tanggal merah libur

Kami dapat dihubungi di FB, WA, SMS, Telpon ke 082330335859 dan telpon kantor 0352 - 571 892
kalau pas libur atau di luar jam kerja, tetep bisa sms / WA ke 082330335859 tapi slow respon ya.
Oh ya, kalian juga bisa menghubungi kami di BBM, Pin Kami : 5212E7C0

7. Rajin Upload Foto – Foto Penerbitannya

Penerbit yang melayani online, pasti akan rajin upload foto - foto orderan dan juga buku mereka. Jadi pastiin kalian kepoin web atau album akun sosial mereka untuk memastikan bahwa penerbit tersebut benar - benar menjalankan usahanya.. Jangan sampai cuma ada satu atau dua foto di akun medsos nya, dan kalian langsung percaya.Ingat, selalu waspada.

8. FanPage nya sudah diverifikasi oleh pihak Facebook

Ini bukan sebuah patokan juga sih, hanya sebagai tambahan saja.Kalau fanpage Facebook mereka sudah diverifikasi oleh pihak Facebook, maka bisa dipastikan penerbit tersebut memiliki ijin usaha dan badan hukum yang resmi, karena untuk mendapatkan verifikasi tersebut, Facebook pasti akan meminta surat atau berkas resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah tentang penerbit tersebut.
Contoh fanpage yang sudah diverifikasi adalah fanpage Penerbit Uwais


Tanda centang yang kami beri tanda di atas merupakan bukti bahwa suatu fanpage sudah diverifikasi oleh pihak Facebook. Dan fanpage tersebut menjadi perwakilan resmi dari penerbit tersebut.

9. Tidak Sempurna, Tapi memiliki itikad baik untuk menyelesaikan masalah

Penerbit yang terlihat sempurna, kitapun perlu waspada. Karena yang too good to be true itupun perlu kita waspadai. Tidak ada yang sempurna, pasti semua pernah melakukan kesalahan. Tapi yang perlu diperhatikan adalah bagaimana penerbit tersebut mengambil tanggung jawab untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dan memberikan solusi terbaik bagi costumer. Di Penerbit Uwais, masalah bukan untuk disembunyikan. Kami justru memberitahukan masalah tersebut kepada costumer kami.Karena dengan begitu, mereka akan tahu bagaimana kami menangani masalah dan mengambil tanggung jawab untuk menyelesaikannya.Berikut salah satu screenshot permasalahan yang pernah kami alami.







Ya, walaupun costumer mengatakan bahwa beliau tidak akan menyebarkan hal tersebut lewat medsos, kami tetap mengambil tanggung jawab tersebut dan mengganti bukunya. Memang kami rugi, tapi bukan disitu pointnya.. Bagi kami, bisnis adalah harus membuat kedua belah pihak merasa bahagia.Bila salah satu merasa kecewa, maka itu bukan bisnis.Itu penipuan.. Dan lucunya, bukan beliau yang menyebarkan di sosmed.Tapi kami sendiri, kami ingin costumer kami tahu, bahwa bagi kami uang bukan segala - galanya. Kepuasan costumer merupakan prioritas kami.

10. Terlalu murah dan tidak masuk akal ? Perlu Waspada

Ada penerbit indie yang ngasih harga murah banget ? itu juga perlu kita waspadai.Karena menerbitkan buku itu bukan sebuah proses yang mudah.Ada Editing (Memakan waktu berhari - hari), Lay out, Design Cover, Pendaftaran ISBN, kemudian proses cetak, Pengiriman, dll. Dan semua proses itu mengeluarkan biaya.Untuk bayar karyawan, biaya cetak, dll. Kalau dilogika, mana ada sih penerbit yang tidak ingin mendapatkan keuntungan dari kegiatan usahanya.. Ingat, ini bisnis bukan bakti sosial. Kegiatan editing itu capek, harus di depan laptop lama, bisa sampai larut malam.Masa gak dibayar ?


Nah, itulah beberapa point ciri - ciri penerbit yang aman. Semoga dengan postingan ini, tidak ada lagi sahabat uwais yang tertipu oleh penerbit indie... jangan lupa share ya, agar lebih banyak lagi yang waspada dan tidak tertipu...

Salam Cinta, Salam Literasi, Salam  Kreatifitas

Team Penerbit Uwais Inspirasi Indonesia

No comments:

Post a Comment